Jumat, 22 Februari 2013

Crafter: Wawancara Pertamaku

Jum'at ini, Coloring Friday absen dulu. Saya mau cerita tentang kegiatan siang tadi bersama beberapa adek SMU. Mereka melakukan wawancara tentang profesi crafter dan dunia handmade untuk tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Senang sekali saya bisa membantu mereka. Hitung-hitung menjelaskan tentang profesi CRAFTER dan dunia handmade.

Di awal-awal wawancara, percakapan masih terasa kaku. Namun semakin lama suasana jadi mencair dan lebih banyak pertanyaan yang mereka ajukan. Pertanyaan di awal masih seputar, apa itu handmade, alasan saya memilih pekerjaan di dunia handmade dan menjadi crafter, serta brand yang saya miliki beserta spesifikasi craft nya. Lalu pandangan saya tentang dunia saat ini, orang-orang yangmenginspirasi serta komunitas handmade. Berlanjut ke hal yang lebih dalam bisnis, mereka menanyakan tentang item produk, bahan baku dan pengadaan, harga jual, pangsa pasar, strategi pemasaran dan potensi craft handmade di masa depan. Lalu impian dan harapan sebagai seorang crafter dan pelaku bisnis handmade. Senang sekali menjawa pertanyan-pertanyaan mereka sekaligus menunjukkan hasil karya sebagai sample.

Setelah hampir satu jam, maka wawancara diakhiri dengan sesi foto bareng. Ini dia foto adek-adek SMU tersebut.
They'r so nice!
so happy with them ^^

Menurut saya, wawancara tadi siang bisa sedikit membuka pemahaman mereka. Bahwa Crafter adalah profesi yang cerah di masa depan. Mau jadi pure expert crafter atau ingin berbisnis besar dengan handmade craft, itu bisa jadi pilihan. Produk handmade buka barang ecek-ecek asal jadi dan murahan. Tapi eklusif karena limited, berkualitas dan punya style. Bisa menaikkan gengsi dan mencerminkan jati diri. Dan yang penting, produk handmade itu deferensiasi nya luas, tidak hanya kerajinan gerabah, batik, kulit dan bambu yang telah ada di lingkungan seputar Imogiri atau Bantul.

Terimakasih adek-adek untuk Jum'at siang yang menyenangkan...
Semoga kita bisa jumpa lagi dengan kegiatan yang lebih seru ya..
Mari berkreasi dan menjadi diri sendiri
Be creative and happy crafting!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Say somethink before you leave... Thank's! ^^